Latest News

Cara Install Framework Laravel di XAMPP Windows


Tidak seperti framework PHP kebanyakan, dimana Anda bisa download satu set folder, taruh di web server, dan aplikasi siap dijalankan, Laravel sedikit berbeda dalam hal instalasi. Laravel memiliki dependensi (ketergantungan) terhadap beberapa library PHP lainnya, dimana library tersebut tidak disertakan dalam source laravel yang tersedia untuk didownload. Oleh karena itu Anda haru mendownload library yang dibutuhkan tersebut secara terpisah.

Salah satu hal yang menarik dari Laravel adalah tentang Composer. Composer-lah yang akan mengurusi segala ketergantungan Laravel dengan library lainnya. Dengan kata lain, kita tidak perlu mendownload satu persatu library yang dibutuhkan. Pokoknya terima beres . Prinsip kerja Composer sama dengan apt-get di linux atau npm di nodejs. Karena Composer merupakan sesuatu yang cool dan keren, maka tidak ada salahnya kita install terlebih dahulu.

Install Composer

- Download Installer Composer : https://getcomposer.org/download/
- Jalankan Composer-Setup.exe
- Ikuti langkah instalasi hingga selesai.



- Selesai

ok lanjut ke proses berikutnya yaitu meng-Enable kan OpenSSL pada modul XAMPP caranya buka file php.ini pada folder C:\xampp\php\php.ini, lalu cari baris berikut : ;extension=php_openssl. Lalu ubah OpenSSL dengan cara menghapus komentar nya, sehingga menjadi seperti dibawah ini :

 ;extension=php_openssl.dll menjadi extension=php_openssl.dll 


Fungsi dari enable ini adalah membuat software composer yang akan anda install di langkah selanjutnya dapat berjalan di cmd.

Install Laravel Framework
Instalasi laravel dilaksanakan dengan memanfaatkan command prompt windows rekan-rekan. Sebelum membuka cmd anda, buatlah terlebih dahulu folder dengan nama laravel di path C:\xampp\htdocs\ atau bisa juga langsung di folder htdocs-nya.

Kemudian buka cmd anda lalu masuklah ke path folder laravel yang anda buat tadi, contoh :


Lalu install framework laravel nya dengan meletakkan sintak dibawah ini pada path yang sudah diketikkan di cmd diatas,

composer create-project laravel/laravel project-name --prefer-dist

Gantilah  project-name sesuai dengan nama project yang rekan-rekan inginkan.



Proses untuk install laravel membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi untuk install laravel ini memang membutuhkan kesabaran yang berbeda. “Tunggu sampai Laravel terinstall sampai lengkap”.



Setelah installasi complete, untuk memastikan framework laravel terinstall dengan benar di laptop/komputer rekan-rekan, silahkan cek di folder yang rekan-rekan install laravel tadi. Di local disk C:\xampp\htdocs\nama-folder. Atau cek di browser rekan-rekan dengan url localhost/nama-folder/public. Karena memang file index.php nya terdapat di folder public. Sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Saya kira sampai disini dulu ya untuk pembahasan kali ini, semoga pembahasan ini bemanfaat!!


0 Response to "Cara Install Framework Laravel di XAMPP Windows"