Latest News

Facebook Sediakan Layanan Gratis Internet


Setelah memperkenalkan aplikasi ini pada 17 negara berkembang sepanjang tahun lalu, Eksekutif Facebook Inc mengatakan, perusahaannya berencana untuk meningkatkan pelayanan penawaran internet gratis pada ponsel.

Dalam sebuah blog yang dirilis untuk menandai inisiatifnya pada tahun pertama, Facebook mengatakan, akan membuka portal yang memungkinkan operator perangkat seluler apapun untuk menawarkan layanan di bawah platform Internet.org. Facebook saat ini bermitra dengan operator tertentu untuk meluncurkan layanan ini di berbagai negara.

Wakil presiden produk Internet.org, Chris Daniels, mengatakan kepada Reuters, pada Senin (27/07/2015), Internet.org telah membawa lebih dari 9 juta orang online sepanjang tahun lalu. Facebook mengembangkan platform tersebut dengan enam mitra teknologi untuk mendatangkan sekitar 4.5 miliar orang yang tidak terhubung secara online, terutama di Amerika Latin, Asia dan Afrika.

Hal ini menawarkan pemangkasan layanan web untuk pengguna gratis, bersama dengan akses ke jaringan sosial Facebook sendiri dan layanan pengiriman pesan.

Dalam blog Facebook dikatakan bahwa sepanjang tahun lalu, layanan ini telah mendatangkan pengguna baru ke jaringan seluler rata-rata 50% lebih cepat dan lebih dari setengah pengguna Internet.org membayar data untuk mengakses internet yang lebih luas dalam waktu 30 hari.

“Ini benar-benar menjadi alat perolehan pelanggan untuk operator ponsel di mana manfaatnya bagi mereka dengan menawarkan jumlah data gratis adalah membawa lebih banyak pelanggan yang membayar ke jaringan mereka,” ucap Daniel.

Ia menambakan, Facebook tidak membayar data apapun yang digunakan untuk mengakses layanan itu.
Aplikasi Internet.org, diluncurkan di India pada Februari, bekerjasama dengan Reliance Communications, menghadapi reaksi dengan sejumlah perusahaan teknologi dan internet terkemuka menarik layanan tersebut setelah aktifis mengklaim hal ini akan melanggar prinsip-prinsip dari internet netral.

“Saya akan mengatakan India itu unik dan sangat banyak outlier. Di pemasaran lain, Internet.org telah dilingkupi sebagai inisiatif pro konektivitas yang telah mengumpulkan banyak dukungan,” ucap Daniels.

Sebuah komite dari kementerian telekomunikasi dibentuk untuk memeriksa isu netralitas jaringan awal bulan ini direkomendasikan kolaborasi antara operator ponsel dan penyedia konten yang memungkinkan peran “gatekeeping” harus diperkecil.


Sumber: Reuters

0 Response to "Facebook Sediakan Layanan Gratis Internet"