Latest News

Pengumuman UM PTKIN 2015 !!! ‘Alhamdulillah’, Sebanyak 1.800 Peserta Lulus UM PTKIN



Pada Senin (27/7/2015) kemarin akhirnya Pengumuman Hasil UM PTKIN 2015 atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri resmi diumumkan di halaman resmi UM PTKIN.

Padahal sebelumnya pengumuman hasil UM PTKIN 2015 sempat molor dan ditunda hingga akhirnya dapat diakses pada pukul 17.00 WIB, Senin (27/7/2015) kemarin.

Adapu UM PTKIN 2015 adalah salah satu dari beberapa jalur yang disiapkan pihak Perguruan Tinggi Negeri yang dilangsungkan secara bersama oleh pihak Kementrian Agama Republik Indonesia.

Hampir seluruh Perguruan Tinggi Agama Negeri termasuk STAIN di berbagai daerah pun juga mengadakan UM PTKIN 2015 secara bersama, dimana hasil pengumuman UM PTKIN 2015 dapat dicek melaku alamat resmi UM PTKIN 2015.

Lewat jalur UM PTKIN ini, dari jumlah 1.800 peserta pendaftar UM PTKIN 2015 setidaknya 1.684 dinyatakan lulus menjadi calon mahasiswa. Adapun penerimaan mahasiswa baru untuk menggunakan tiga jalur seleksi.

Dari keseluruhan itu hampir 50% tercatat tidak melakukan registrasi ulang sehingga dinyatakan gugur.


Diungkapkan oleh Kepala Pusat Teknologi, Informasi dan Pangkalah Data (PUSTIPAD) UIN Raden Fatah, Fahruddin Mkom, menurutnya hingga kini proses registrasi masih jalur SBMTPTN masih dilaksanakan sehingga belum disa diketahui jumlah pesertanya.

Menurutnya, hanya ada satu peserta saja yang melakukan registrasi dari beberapa program studi (prodi) yang ada seperti Prodi Perbandingan Agama di Fakultas Ushuluddin dan Politik Islam di Fakultas Syariah.

Untuk itu kuoata calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang rencananya akan dipindahkan ke jalur UM PTKIN dan ujian mandiri. Karena itulah, kini kuota jalur seleksi semakin bertambah.

Jumlah peserta yang sebelumnya ditargetnya 1.200 kini bertambah menjadi 1.684 peserta calon mahasiswa. Begitu pula dengan ujian mandiri, dari yang awalnya 200 orang kini naik menjadi 432 peserta.

Berkurangnya calon mahasiswa melakukan registrasi dimungkinkan karena jurusan menerima tak seperti yang diinginkan peserta. Di UIN Raden Fatah sendiri kuota mahasiswa yang diediakan sebanyak 3.070.


Sumber: smeaker

0 Response to "Pengumuman UM PTKIN 2015 !!! ‘Alhamdulillah’, Sebanyak 1.800 Peserta Lulus UM PTKIN"